Definisi Public Relations Menurut Para Ahli
Source : http://pr-teoridanpraktik.blogspot.com/2013/06/definisi-public-relations-menurut-para.html
Terbitan kali ini akan membahas
mengenai pengertian-pengertian atau beberapa definisi mengenai Public Relations
(PR) dari beberapa para pakar di dunia maupun Indonesia. Definisi-definisi itu
dikutip dari beberapa buku yang berkaitan dengan Public Relations.
Pertama-tama yaitu ulasan definisi Public Relations (PR) dari beberapa
pakar di dunia, antara lain :
Menurut Dr. Rex Harlow dalam Ruslan (2010:16) Public Relations (PR) adalah
fungsi manajemen yang khas dan mendukung pembinaan, pemeliharaan jalur bersama
antara organisasi dengan publiknya, menyangkut aktivitas komunikasi,
pengertian, penerimaan dan kerja sama; melibatkan manajemen dalam menghadapi
persoalan/permasalahan, membantu manajemen dalam mengikuti dan memenfaatkan
perubahan secara efektif; bertindak sebagai sistem peringatan dini dalam
mengantisipasi kecenderungan penggunaan penelitian serta teknik komunikasi yang
sehat dan etis sebagai sarana utama.
Menurut Cutlip dan Center dalam Effendy (2009:116) PR adalah fungsi
manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijaksanaan dan tata
cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan
melakukan suatu program kegiatan untuk meraih pengertian dan dukungan publik.
Definisi Public Relations menurut International Public Relations
Association (IPRA) dalam Rumanti (2005:11), PR merupakan fungsi manajemen
dari sikap budi yang direncanakan dan dijalankan secara berkesinambungan oleh
organisasi-organisasi, lembaga-lembaga umum dan pribadi dipergunakan untuk
memperoleh dan membina saling pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang
ada hubungan dan diduga akan ada kaitannya, dengan cara menilai opini publik
mereka, dengan tujuan sedapat mungkin menghubungkan kebijaksanaan dan
ketatalaksanaan, guna mencapai kerja sama yang lebih produktif, dan untuk
memenuhi kepentingan bersama yang lebih efisien, dengan kegiatan penerangan
yang terencana dan tersebar luas.
Definisi Menurut (British) Institute of Public Relations (IPR) dalam Frank Jefkins (2003:9) PR adalah keseluruhan upaya yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik (good-will) dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayak.
Definisi Menurut Frank Jefkins (2003:9) PR adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.
Definisi Menurut (British) Institute of Public Relations (IPR) dalam Frank Jefkins (2003:9) PR adalah keseluruhan upaya yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik (good-will) dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayak.
Definisi Menurut Frank Jefkins (2003:9) PR adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.
Selanjutnya, beberapa pengertian Public Relations atau Humas dari beberapa
pakar komunikasi di Indonesia, antara lain :
Menurut Edy Sahputra Sitepu (2011:2)
menjelaskan Public Relations (PR) dalam makna yang sederhana adalah tatap muka
(hubungan) antara kelompok-kelompok dalam suatu tatanan masyarakat.
Menurut Maria Assumpta Rumanti (2005:7-8) PR adalah kegiatan atau aktivitas yang proses kegiatannya melalui empat tahap, yaitu penelitian yang didahului penemuan, analisis, pengolahan data dan sebagainya; perencanaan yang direncanakan; pelaksanaan yang tepat; evaluasi, penilaian setiap tahap dan evaluasi keseluruhan.
Menurut Onong Uchjana Effendy (2006:23) Hubungan Masyarakat (Humas) adalah komunikasi dua arah antara organisasi dengan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan manajemen dengan meningkatkan pembinaan kerjasama dan pemenuhan kepentingan bersama.
So, demikian penulisan dalam sesi definisi PR Menurut Para Ahli. Kurang lebihnya mohon komentar, kritik dan sarannya guna menunjang lebih baiknya tulisan yang saya buat. Semoga bermanfaat juga untuk kawan-kawan yang mendalami ilmu tentang Public Relations (PR).
Menurut Maria Assumpta Rumanti (2005:7-8) PR adalah kegiatan atau aktivitas yang proses kegiatannya melalui empat tahap, yaitu penelitian yang didahului penemuan, analisis, pengolahan data dan sebagainya; perencanaan yang direncanakan; pelaksanaan yang tepat; evaluasi, penilaian setiap tahap dan evaluasi keseluruhan.
Menurut Onong Uchjana Effendy (2006:23) Hubungan Masyarakat (Humas) adalah komunikasi dua arah antara organisasi dengan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan manajemen dengan meningkatkan pembinaan kerjasama dan pemenuhan kepentingan bersama.
So, demikian penulisan dalam sesi definisi PR Menurut Para Ahli. Kurang lebihnya mohon komentar, kritik dan sarannya guna menunjang lebih baiknya tulisan yang saya buat. Semoga bermanfaat juga untuk kawan-kawan yang mendalami ilmu tentang Public Relations (PR).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar