Proses Pemasaran
1. Menentukan misi perusahaan
Hal yang pertama dari setiap Tugas
Marketing adalah penentuan misi perusahaan. Pernyataan misi didasarkan
pada analisis yang cermat tentang manfaat yang diinginkan oleh pelanggan
yang ada saat ini maupun calon pelanggan dan analisis terhadap kondisi
lingkungan yang ada. Pernyataan misi seharusnya berfokus pada pasar yang
ingin dilayani oleh perusahaan dan bukannya berfokus pada produk yang
ditawarkan.
2. Menentukan tujuan dan sasaran
3. Menentukan situasi atau analisis SWOT
Sebelum melakukan aktivitas pemasaran,
para pemasar harus memahami lingkungan yang ada pada saat ini maupun
lingkungan dimana suatu produk dan jasa yang akan dipasarkan. Analisis
dalam situasi ini biasanya disebut analisis SWOT, dalam hal ini
perusahaan harus mengidentifikasikan kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities) dan ancaman (threats).
Secara internal, lingkungan perusahaan memperhatikan masalah-masalah
seperti loyalitas kerja, sentralisasi dalam pengambilan keputusan,
kriteria promosi dan teknik pemecahan masalah. Sedangkan secara
eksternal, lingkungan perusahaan diungkapkan perusahaan melalui cara
dalam beraksi terhadap masalah dan peluang.
4. Membuat strategi pemasaran (pasar yang dituju dan bauran pemasaran)
Strategi pemasaran meliputi kegiatan
menyeleksi beberapa target pasar, mengembangkan dan memelihara bauran
pemasaran yang akan menghasilkan kepuasan bersama dengan pasar yang
dituju. Strategi pemasaran yang dituju adalah mengelompokkan
segmen-segmen pasar yang akan dilayani, dimana perusahaan dapat
menentukan satu atau lebih segmen sebagai sasaran pemasaran. Sedangkan
bauran pemasaran mencakup pada strategi produk (product), distribusi promosi (promotion), penentuan harga (price) dan tempat (place) biasa disebut dengan 4P di mana yang akan dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling memuaskan dengan pasar yang ditujukan.
source : http://isma-ismi.com/tugas-marketing.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar