Pages

Rabu, 01 Oktober 2014

Peranan Etika Bisnis

Peranan Etika Bisnis dalam Bidang Pemasaran

Dalam setiap produk harus dilakukan promosi untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa agar mudah dan cepat dikenali oleh masyarakat dengan harapan kenaikan pada tingkat pemasarannya.
Promosi sangat diperlukan untuk dapat membuat barang yang produksi menjadi diketahui oleh publik dalam berpromosi diperlukan etika-etika yang mengatur bagaimana cara berpromosi yang baik dan benar serta tidak melanggar peraturan yang berlaku, etika ini juga diperlukan agar dalam berpromosi tidak ada pihak-pihak yang dirugikan oleh tekhnik promosi.

 Adapun fungsi-fungsi pemasaran adalah sebagai berikut:
1)      Fungsi Pertukaran
Dengan adanya pemasaran, pembeli dapat membeli produk dari produsen baik dengan menukar uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan produk (barter) untuk dipakai sendiri atau untuk dijual kembali.
2)      Fungsi Distribusi Fisik
Distribusi fisik suatu produk dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati kebutuhan konsumen dengan banyak cara baik melalui air, darat, udara, dan sebagainya. Penyimpanan produk mengendapapkan menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.
3)      Fungsi Perantara
Untuk menyampaikan produk dari tangan produsen  ketangan konsumen dapat dilakukan melalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lain pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian informasi, dan standarisasi/penggolongan produk.
Dalam menciptakan etika bisnis, Dalimunthe (2004) menganjurkan untuk memperhatikan beberapa hal sebagai berikut: 
  1. Pengendalian Diri Artinya, pelaku-pelaku bisnis mampu mengendalikan diri mereka masing-masing untuk tidak memperoleh apapun dari siapapun dan dalam bentuk apapun.
    2. Pengembangan Tanggung Jawab Sosial (Social Responsibility) Pelaku bisnis disini dituntut         untuk peduli dengan keadaan masyarakat, bukan hanya dalam bentuk “uang” dengan                 jalan memberikan sumbangan, melainkan lebih kompleks lagi.
     3. Mempertahankan Jati Diri Mempertahankan jati diri dan tidak mudah untuk terombang-               ambing oleh pesatnya perkembangan informasi dan teknologi adalah salah satu usaha                menciptakan etika bisnis.
     4. Menciptakan Persaingan yang Sehat Persaingan dalam dunia bisnis perlu untuk                          meningkatkan efisiensi dan kualitas, tetapi persaingan tersebut tidak mematikan yang                  lemah, dan sebaliknya harus terdapat jalinan yang erat antara pelaku bisnis besar dan                golongan menengah kebawah, sehingga dengan perkembangannya perusahaan besar              mampu memberikan spread effect terhadap perkembangan sekitarnya. Untuk itu dalam              menciptakan persaingan perlu ada kekuatan-kekuatan yang seimbang dalam dunia bisnis          tersebut.
     5. Menerapkan Konsep “Pembangunan Berkelanjutan” Dunia bisnis seharusnya tidak                      memikirkan keuntungan hanya pada saat sekarang, tetapi perlu memikirkan bagaimana              dengan keadaan dimasa datang.
      6. Menghindari Sifat 5K (Katabelece, Kongkalikong, Koneksi, Kolusi dan Komisi) Jika pelaku          bisnis sudah mampu menghindari sikap seperti ini, kita yakin tidak akan terjadi           lagi            apa yang dinamakan dengan korupsi, manipulasi dan segala bentuk permainan                          curang dalam dunia bisnis ataupun berbagai kasus yang mencemarkan nama bangsa                 dan Negara.
      7. Mampu Menyatakan yang Benar itu Benar Artinya, kalau pelaku bisnis itu memang tidak            wajar untuk menerima kredit (sebagai contoh) karena persyaratan tidak bisa dipenuhi,                 jangan menggunakan “katabelece” dari “koneksi” serta melakukan “kongkalikong”                      dengan data yang salah. Juga jangan memaksa diri untuk mengadakan “kolusi” serta                  memberikan “komisi” kepada pihak yang terkait.
      8. Menumbuhkan Sikap Saling Percaya antar Golongan Pengusaha Untuk menciptakan                   kondisi bisnis yang “kondusif” harus ada sikap saling percaya (trust) antara golongan                 pengusaha kuat dengan golongan pengusaha lemah, sehingga pengusaha lemah                       mampu berkembang bersama dengan pengusaha lainnya yang sudah besar dan mapan.
     9. Konsekuen dan Konsisten dengan Aturan main Bersama Semua konsep etika bisnis                   yang telah ditentukan tidak akan dapat terlaksana apabila setiap orang tidak mau                       konsekuen dan konsisten dengan etika tersebut. Mengapa? Seandainya semua ketika               bisnis telah disepakati, sementara ada “oknum”, baik pengusaha sendiri maupun pihak               yang lain mencoba untuk melakukan “kecurangan” demi kepentingan pribadi, jelas semua            konsep etika bisnis itu akan “gugur” satu semi satu.
    10. Memelihara Kesepakatan Memelihara kesepakatan atau menumbuhkembangkan                        Kesadaran dan rasa memiliki terhadap apa yang telah disepakati adalah salah satu                    usaha menciptakan etika bisnis.
    11. Menuangkan ke dalam Hukum Positif Perlunya sebagian etika bisnis dituangkan dalam               suatu hukum positif yang menjadi Peraturan Perundang-Undangan dimaksudkan untuk              menjamin kepastian hukum dari etika bisnis tersebut, seperti “proteksi” terhadap                          pengusaha lemah.
Konsep Etika dalamPemasaran3 konsep etika dalam pemasaran menurut John R. Boatright adalah :
  1. Fairness (Justice)
Fairness menjadi pusat perhatian karena menjadi kebutuhan yang paling dasar daritransaksi pasar. Setiap pertukaran atau transaksi dianggap fair atau adil ketika satusama lain memberikan keuntungan (mutually beneficial) dan memberikaninformasi yang memadai. Namun, pemberian informasi dalam transaksi ini masih diragukan. Hal inidisebabkan karena penjual tidak memiliki kewajiban untuk menyediakan semua. informasi yang relevan kepada pembeli/pelanggan, dan pembeli memiliki suatukewajiban untuk diinformasikan mengenai apa yang dibelinya.Pertanyaan mengenai siapa yang memiliki kewajiban menyangkut informasi initerbagi menjadi 2 doktrin tradisional dalam pemasaran, yaitu caveat emptor (biarkan pembeli berhati ± hati) dan caveat venditor (biarkan penjual berhati ± hati).2.
  1. FreedomFreedom
Berarti memberikan jangkauan pada pilihan konsumen. Freedom dapatdikatakan tidak ada apabila pemasar melakukan praktik manipulasi, danmengambil keuntungan dari populasi yang tidak berdaya seperti anak ± anak,orang ± orang miskin, dan kaum lansia.3.
  1. Well-being
Suatu pertimbangan untuk mengevaluasi dampak social dari produk da juga periklanan, dan juga product safety.
Ada tiga faktor yang mempengaruhi manajer pemasaran untukmelakukan tindakan tidak etis (Schermerhorn, 1999), yaitu:
(1)       Manajer sebagai pribadi. Manajer secara pribadi ingin memaksimalkankeuntungan bagi dirinya sendiri, faktor lain yang mendorong manajermelakukan perilaku tidak etis yaitu agama dan tingkat pendidikan.
(2)       Organisasi. Adanya aturan tertulis serta kebijakan resmi dari topmanajemen akan mempengaruhi tindakan etis para manajer, sehinggakadangkala mereka mengabaikan prinsip-prinsip pribadi mereka untukkepentingan organisasi.
(3)       Lingkungan
Salah satu bentuk pemasaran yaitu melalui iklan. Iklan dikenal sebagaimotor penggerak ekonomi dalam dunia industri. Perusahaan membuat iklan dengan tujuan untuk meningkatkan profit dan keeksisan di pasar, untuk merebut pengaruh dan perhatian konsumen.

source : http://dimazrangga.wordpress.com/2013/11/29/peranan-dan-manfaat-etika-bisnis-di-bidang-pemasaran-keuangan-dan-teknologi-dalam-menghadapi-era-globalisasi-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates